Kamis, 15 November 2012

Apa itu Robot?


Pengertian Robot

Istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia. Kata robot berasal dari kosakata “Robota” yang berarti “kerja cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec. Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rossum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia.
Kata Robotics juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh Isaac Asimov pada tahun 1942. Sedangkan pengertian robot secara tepat adalah system  atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan untuk menggantikan dan mempermudah kerja/aktifitas manusia.
Untuk dapat diklasifikasikan sebagai robot, mesin harus memiliki dua macam kemampuan yaitu:
1.   Bisa mendapatkan informasi dari sekelilingnya.
2.   Bisa melakukan sesuatu secara fisik seperti bergerak atau memanipulasi objek.
Untuk dapat dikatakan sebagai robot sebuah system tidak perlu untuk meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem tersebut dapat mengadopsi satu atau dua saja sistem yang ada pada diri manusia saja sudah dapat dikatakan sebagai robot. Sistem yang diadopsi berupa sistem penglihatan (mata), sistem pendengaran (telinga) ataupun sistem gerak.
Sebuah robot dapat saja dibuat untuk berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia. Ada hukum robotika yang perlu dipegang sebelum seseorang terjun dalam robotika, antara lain:
1. Robot tidak boleh menciderai manusia atau dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia mendekat untuk disakiti.
2. Robot harus menuruti perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama.
3. Robot harus melindungi eksistensinya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.

Kegunaan Robot

Sesuai dengan definisi robot di atas, maka terdapat banyak kegunaan dari robot. Secara umum kegunaan robot adalah untuk menggantikan kerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi atau mempunyai resiko yang sangat besar atau bahakn mengancam keselamatan manusia. Sebagai contoh, seseorang yang bekerja di bagian welding di sebuah industri assembling kendaraan, akan mempunyai resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Maka untuk mengurangi resiko kerja tersebut perlu digunakan robot yang menggantikan kerja manusia di bidang tersebut, sehingga resiko kecelakaan kerja dapat dikurangi bahkan dihilangkan.
Ada juga sebagian robot yang sengaja diciptakan untuk menemani manusia di dalam aktifitasnya. Robot-robot ini dapat disebut robot bermain. Robot ini diciptakn untuk membantu manusia yang mengalami kesepian diri sehingga dapat mempunyai teman. Robot-robot yang termasuk jenis ini termasuk antar lain Battle Bots, Robot contest, Robot anjing.



Jenis-jenis Robot

Secara garis besar robot dapat diklasifikasikan menjadi beberapa jenis antara lain:
1.   Robot industri

2.   Robot antariksa

3.   Robot transportasi
4.   Robot perang

5.   Robot kendali jarak jauh
6.   Robot kedokteran

7.   Robot riset
8.   Robot bermain, dll

Robot Mobil (Bergerak) yang bisa berpindah tempat
Robot Mobil atau Mobile Robot adalah konstruksi robot yang ciri khasnya adalah mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan badan robot tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik yang lain. Robot mobil ini sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari robot. Hal ini karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobile minimal diperlukan pengetahuan tentang mikrokontroler dan sensor-sensor elektro.

Robot Manipulator ( tangan )

Robot ini hanyak memiliki satu tangan seperti tangan manusia yang fungsinya untuk memegang atau memindahkan barang, contoh robot ini adalah robot las di Industri mobil, robot merakit elektronik dll.

Robot Humanoid

Yaitu robot yang miliki kemampuan menyerupai manusia, baik fungsi maupun cara bertindak, contoh robot ini adalah Ashimo yang dikembangkan oleh Honda.

Robot Berkaki

Robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti robot serangga, robot kepiting dll.

Flying Robot (Robot Terbang)

Yaitu robot yang mampu terbang, robot ini menyerupai pesawat model yang diprogram khusus untuk memonitor keadaan di tanah dari atas, dan juga untuk meneruskan komunikasi.

Under Water Robot (Robot dalam air)

   Robot ini digunakan di bawah laut untuk memonitor kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.


Contoh Beberapa Macam Robot

Dibawah ini ulasan singkat beberapa macam robot yang berkembang di masyarakat. Silahkan disimak.

1.  MICRO LIGHT CHASER
Micro Light Chaser termasuk robot phototropic yang peka terhadap cahaya, geraknya bisa mendekati/mengikuti cahaya (photovore), bisa juga menghindari cahaya (photophobe).
Micro Light Chaser tidak memakai processor (bukan programmable robot), robot ini “merasakan” cahaya lewat 3 resistor cahaya (LDR) yang mengirimkan sinyal untuk mengontrol 2 motor penggerak dan 2 LED. Dua (2) resistor variabel pada PCB digunakan untuk mengontrol kecepatan dan level cahaya yang ditangkap. Robot ini juga membutuhkan baterai.

2.  LINE TRACER / LINE TRACKER / LINE FOLLOWER

Line Tracker yang sudah semakin terkenal di kalangan masyarakat ini memiliki kemampuan melacak jalur atau garis hitam linier. Sinyal dikirimkan melalui 2 Dioda Inframerah dan 2 penerima sinyal untuk merasakan tanah.

3.  SOCCER ROBOT

Robot yang memiliki 6 kaki ini digerakkan oleh remote control 2 tombol.

4.  CATERPILLAR [PROGRAMMABLE]

Robot berbentuk seperti ulat ini dirancang tanpa kaki dan roda. Dilangkapi dengan 8 servo motor untuk pergerakan utama si ulat, dan sensor. Body dilengkapi berbagai macam komponen elektronik dan terbuat dari metal. Di bagian kepala, ada sensor LED yang akan berubah warna jika tersentuh sesuatu, 1 Roll sensor untu pergerakan ulat ketika jatuh dan 8 Degree of Freedom yang dikontrol oleh remote control.

5.  ASURO ROBOT [PROGRAMMABLE]

Asuro dikembangkan oleh pusat aerospace di Jerman. Asuro dilengkapi oleh processor Atmel AVR RISC dan 2 motor. Asuro bisa diprogram jadi Line Tracer juga, dilengkapi dengan sensor hambatan/tabrakan, sensor odometer, 3 LED, dan IR interface untuk pemrograman.

6.  MR. GENERAL [PROGRAMMABLE]

Mr General adalah sebuah robot platform yang memakai bread board yang bekerja hampir dengan semua processor. IR compound eye digunakan untuk mndeteksi benda juga sebagai pencari ruangan sederhana. Inframerah di robot ini digunakan untuk mendeteksi rintangan hambatan juga ujung-ujung arena. Servo yang berotasi terus-menerus membuta robot ini memiliki kecepatan dan arah yang dapat dikontrol. Denagn IR LED, robot ini bisa ngobrol dengan 2 atau lebih robot MR General lainnya. Robot ini juga bisa digunakan untuk pertandingan sepak bola.
7.  MR. TIDY [PROGRAMMABLE]

Mr Tidy termasuk robot platform yang didesain untuk mencari kaleng-kaleng, gelas, dan benda lainnya berdasarkan ukuran, warna, dan berat. Menyensor warna dengan sensor RGB, ukuran dengan gripper (capit/tangannya), dan berat dengan sensor motor yang terdapat pada gripper. Root ini memiliki kemampuan untuk melakukan perluasan sensor, komunikasi, dan layar LCD.

8. RP 6

9. ROBOT ARM (SERVO ROBOT) [PROGRAMMABLE]

Sesuai nama, robot ini terutama digerakkan dengan 6 servo pada lengan / gripper. Robot ini mengusung kategori robot humanoid (manusia). Memakai torsi 13kg, dan processor atmega 168, robot ini dapat mengambil barang2 di sekitar anda.

Perkembangan Sekarang

Ketika para pencipta robot pertama kali mencoba meniru manusia dan hewan, mereka menemukan bahwa hal tersebut sangatlah sulit; membutuhkan tenaga penghitungan yang jauh lebih banyak dari yang tersedia pada masa itu. Jadi, penekanan perkembangan diubah ke bidang riset lainnya. Robot sederhana beroda digunakan untuk melakukan eksperimen dalam tingkah laku, navigasi, dan perencanaan jalur. Teknik navigasi tersebut telah berkembang menjadi sistem kontrol robot otonom yang tersedia secara komersial; contoh paling mutakhir dari sistem kontrol navigasi otonom yang tersedia sekarang ini termasuk sistem navigasi berdasarkan-laser dan VSLAM (Visual Simultaneous Localization and Mapping) dari ActivMedia Robotics dan Evolution Robotics.
Ketika para teknisi siap untuk mencoba robot berjalan kembali, mereka mulai dengan heksapoda dan platform berkaki banyak lainnya. Robot-robot tersebut meniru serangga dan arthropoda dalam bentuk dan fungsi. Tren menuju jenis badan tersebut menawarkan fleksibilitas yang besar dan terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai macam lingkungan, tetapi biaya dari penambahan kerumitan mekanikal telah mencegah pengadopsian oleh para konsumer. Dengan lebih dari empat kaki, robot-robot ini stabil secara statis yang membuat mereka bekerja lebih mudah. Tujuan dari riset robot berkaki dua adalah mencapai gerakan berjalan menggunakan gerakan pasif-dinamik yang meniru gerakan manusia. Namun hal ini masih dalam beberapa tahun mendatang.









0 komentar:

Posting Komentar